“Yang jelas kita bersyukur saat ini bisa menikmati Islam di Nusantara”

kyai mukhlis

Klaten~ Nama KH Mukhlis Hudaf  sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Kabupaten Klaten. Sosok yang menjabat sebagai  Rais Syuriyah PCNU Klaten ini malam tadi mengajak warga untuk mensyukuri nikmat Islam Nusantara. Konsep dakwah yang pada awalnya didakwahkan para wali di bumi Nusantara.

“Yang jelas kita bersyukur saat ini bisa menikmati Islam di Nusantara” jelasnya  dalam Silaturahmi dan Koordinasi Pengurus NU Klaten di Pendopo Pemda Klaten (28/6).

Sosok yang karib disapa Kiai Mukhlis ini juga mengungkapkan rasa mirisnya akan gejolak gejolak di negara-negara Timur Tengah yang seolah tak ada habisnya. Menurut Kiai Mukhlis, hal itu antara lain karena berkembangnya faham radikal di sana.

Adapun di bumi Nusantara, para wali menerapkan model dakwah yang santun. Pola dakwah tersebut kemudian dilanjutkan oleh ulama-ulama NU hingga saat ini.

KH Mukhlis Hudaf juga menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS yang ditegur Allah SWT karena  hanya mau memberi makan seorang peminta-minta hanya jika dia mau masuk agama Islam.

“Hai Ibrahim, aku Allah sudah memberinya makan selama 50 tahun tanpa memaksanya masuk agama Islam” kisah kiai.

Pola dakwah yang mencerminkan akhlak Islami menurutnya akan lebih diterima masyarakat luas. Sebab, pada kenyataannya memang masyarakat lebih bersimpati dengan pola dakwa semacam itu.

“Jika umat Islam sendiri tidak mencerminkan akhlak, maka bagaimana akan mengajak orang mengajak agama Islam?” sebutnya kemudian.

Tags:
author

Author: